Manajemen Prasarana Dalam Penataan Kelas Outdoor di TK Bina Anaprasa Nuris Kabupaten Jember

Authors

  • Maudy Aini Lita Mirani Maudy Aini Pendidikan Anak Usia Dini

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v7i2.16343

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan prasarana di Anaprasa Nuris, Jember, melibatkan perencanaan kebutuhan, pengadaan, serta manajemen fasilitas pendidikan oleh kepala sekolah. Sekolah ini menerapkan konsep kelas luar ruangan berbentuk gazebo yang memaksimalkan pembelajaran anak-anak tentang alam secara efektif. Kelas outdoor ini bertujuan untuk merangsang ide kreatif anak, memfasilitasi identifikasi alam, meningkatkan aktivitas sosial, dan menciptakan suasana kelas yang otentik, sehingga melatih konsentrasi dan perkembangan kognitif anak. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya peran aktif dan kreatif guru dalam mengoptimalkan fasilitas yang ada serta menyesuaikan dengan karakteristik anak usia dini. Kebersihan dan keamanan di kelas luar ruangan serta penyediaan mainan menarik juga diakui penting untuk menjaga minat belajar anak.

Downloads

Published

2024-12-16