MANAJEMEN KURIKULUM PADA PAUD AS SAKINAH, RUMBAI, PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2623Abstract
Abstract: The purpose of this study is to find out the Early Childhood Curriculum Management in Pa-As-Sakinah, Rumbai Pekanbaru. The curriculum is one of the tools in the management of education in PAUD to carry out learning in Paud. The curriculum currently implemented in PAUD is K13 and KTSP. This research is evaluative research with a qualitative approach. Data collection  is done by observation, interviews, documentation, and questionnaires. The findings of the research carried out, curriculum management carried out at the PAUD As- Sakinah was a combination of KTSP and K13. The K13 and KTSP are almost the same but the K13 method is more directing children to be creative and explore and the teacher is only a facilitator. However, this method has not been fully implemented in PAUD As-Sakinah because teachers are still adjusting to the conditions of children in PAUD As-Sakinah.
Â
Key word :management, curriculum,early childhood
Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini di Paud As- Sakinah, Rumbai Pekanbaru. Kurikulum merupakan  salah satu perangkat dalam manajemen pendidikan di Paud untuk melaksanakan pembelajaran di Paud. Kurikulum yang saat ini dilaksanakan di Paud yaitu K13 dan KTSP. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil temuan penelitian yang dilakukan, manajemen kurikulum yang dilaksanakan di Paud As- Sakinah gabungan dari KTSP dan K13. Kurikulum K13 maupun KTSP hampir sama namun metode K13 lebih mengarahkan anak lebih berkreativitas dan berekplorasi dan guru hanyalah sebagai fasilitator. Namun, metode tersebut belum sepenuhnya dilaksanakan di Paud As- Sakinah karena guru masih menyesuaikan dengan kondisi anak di Paud As- Sakinah.
Kata kunci : Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal, 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Hamalik, Oemar, 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Cet. IV; Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Hadari Nawawi, 1993. Pendidikan dalam Islam, Surabaya : Al-Ikhlas.
Meleong, J.2007. Metode Penelitian Ilmiah dan Dasar Metode Teknik, Transito, Bandung.
Olivia, Peter F., 2004. Development The Curriculum, edisi IV New York: Pearso Education, inc.
Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum , Seri II; Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Robert, Stake E, 1967. The Countenance of Education Evalution, Teacher College.
Sowell, Evelyn J., Curriculum An Integrative Introduction, Edisi III; New York : Pearso Educat
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.