PENGARUH PEMBINAAN, DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU PAUD KEC. TALANG KELAPA

Authors

  • Dessi Andriani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2628

Abstract

Abstract:This study aims to determine the influence between Development and Discipline either partially or simultaneously on the performance of Teachers In PAUD-PAUD in Kec. Talang Kelapa. Hypotheses submitted (1). Suspected Coaching Positively and significantly affect the performance of teachers in early childhood in the district. Talang Kelapa (2) .Dispossible Displin positively and significantly influence on PAUD Teacher Performance in Kec. Talang Kelapa. (3) Positive and Real Motivation affect the performance of PAUD teachers in Kec. Talang Kelapa. (4). Alleged Fostering Discipline and motivation jointly affect the performance of Teachers In PAUD in Kec. Talang Kelapa which amounted to 50 people, with the research sample taken all by using census technique. Instruments Data collection used is a questionnaire that uses Likert scale which is compiled based on the summarizes of the various theories embodied into operational variables, while testing on the research instrument is done through validity and reliability test. Data analysis was performed through a requirement test consisting of normality test using Smirnov kolmogrof test, homogeneity test using Chi square test, and linearity test using One-Way Anova. Hypothesis testing dilakuka by using regression analysis and correlation between the guidance and displin variable as a free variable on the performance of teachers as a dependent variable. The T-test is used to determine the effect of the three independent variables of Discipline Development and Motivation parcially on teacher performance as dependent variable. While the F-Test to determine the effect of the three independent variables Development of Displin and Motivation simultaneously on the performance of teachers as a dependent variable. Signature level used in this research is α = 5%. The results showed that (1). Positive and tangible coaching influences Teacher Performance in PAUD in Kec. Talang Kelapa. (2) Displin positively and significantly influence on Teacher Performance in PAUD in Kec. Talang Kelapa. (3) Motivation positively and significantly influence on PAUD Teacher Performance in Kec. Talang Kelapa. (4) Development of Discipline and Motivation together influential on Teacher Performance In PAUD in KEC. Talang Kelapa.

 

Key Words: Performance of early childhood teachers, coaching, discipline, motivation, Talang Kelapa sub-district

 

 

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar Pembinaan dan  Disiplin baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja Guru Pada PAUD-PAUD di  Kec. Talang Kelapa.Hipotesi yang diajukan (1). Diduga Pembinaan Secara Positif dan nyata berpengaruh terhadap kinerja Guru pada PAUD di Kec. Talang Kelapa.(2).Diduga Displin secara positif dan nyata berpengaruh terhadap Kinerja Guru PAUD di Kec. Talang Kelapa. (3) Motivasi secara positif dan Nyata berpengaruh terhadap kinerja Guru PAUD di Kec. Talang Kelapa. (4). Diduga Pembinaan Disiplin dan motivasi secara bersama-sama mempengaruhi kinerja Guru Pada PAUD di Kec. Talang Kelapa yang berjumlah 50 orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang menggunakan skala Likert yang disusun berdasarkan kontruksi yang rangkum dari berbagai teori yang diwujudkan kedalam variable operasional, sedangkan pengujian terhadap instrument penelitian dilakukan melalui uji validitas dan uji reabilitas. Analisis data dilakukan melalui uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas yang menggunakan uji kolmogrof Smirnov, uji homogenitas dengan menggunakan uji Chi square, dan uji linearitas yang menggunakan One-Way Anova. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi antara variable Pembinaan dan Displin sebagai variable bebas terhadap Kinerja Guru sebagai variable terikat.Uji-T digunakan untuk mengetahui pengaruh dari ketiga variabel bebas Pembinaan Disiplin dan Motivasi secara parcial terhadap Kinerja guru sebagai Variabel terikat. Sedangkan Uji-F untuk mengetahui pengaruh dari ketiga variabel bebas Pembinaan Displin dan Motivasi secara simultan terhadap Kinerja Guru sebagai variabel terikat. Taraf Signifikasi yang digunakan pada penelitiaan ini adalah α = 5 % .Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1). Pembinaan, Disiplin dan Motivasi baik secara parsial dan secara simultan secara positif dan nyata berpengaruh terhadap Kinerja Guru pada PAUD di Kec. Talang Kelapa.

 

Kata Kunci : Kinerja Guru PAUD, Pembinaan, Disiplin, motivasi, Kecamatan Talang Kelapa

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Buchori, Alma, 1984. Studi Tentang Produktivitas Tenaga Edukatif, FPS IKIP Bandung

Dharma, Agus, 1991, Manajemen Prstasi Kerja, Rajawali Press, Jakarta

Griffin, 1987, Supervision in Thought and Action, New York, Macmillan Publishing

Gilley, Jery W., dan Steven A. Eggland, 1989, Principles of Human Resources Development, Addison-Wesley Publishing Company Inc., Califonia.

Haryono, Siswoyo, 2007, Metedologi Penelitian Bisnis, MM UTP, Palembang

Haryono, Siswoyo, 2008, Sukses Menulis Tesis : untuk Bisnis dan Manajemen, MM UTP, Palembang.

Moenir, A.S., 2006, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT. Bumi Aksara, Jakarta

Nitisemito, Alex S., 1982, Manajemen Personalia : Manajemen Sumber Daya manudia, Ghalia Indonesia : Jakarta

Suryadi, 2008, Kebijakan Kinerja Karyawan, BFFE, Yogyakarta

Suwondo, Edi S., 2003, Guru di Indonesia, PT. Gramedia :

Jakarta

Yuspratiwi, I. 1990. Hubungan antara Locus of Control dengan Disiplin Kerja Wiraniaga pada Wiraniaga Obat-obatan di DIY. Skripsi. (Tidak diterbitkan) Yogyakarta : Fakultas Psikolog UGM

Werther, dan Davis, Keith, 1996, Human Resource and Personnel Management, 5 Th ed., McGraw-Hill, New York

Downloads

Published

2019-03-06