MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN ) BAUBAU

Nurmin Aminu

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baubau dengan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian manajemen kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) pada tingkat kelas. Dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian manajemen kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) pada tingkat kelas yang ada di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah semua guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baubau. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, member chek. Adapun teknik dalam menganalisis data ini adalah dengan menggunakan teori Milles dan Huberman, yaitu Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian dikatakan bahwa perencanaan guru dalam manajemen kurikulum pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baubau cukup baik, hal ini dibuktikan bahwa guru PAI sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas sudah menyusun RPP dan silabus pembelajaran. Pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baubau adalah secara umum sudah efektif, hal ini dibuktikan dalam melaksnakan proses pemebelajaran di kelas GMP PAI sudah menggunakan media dan berbagai metode pembelajaran. Kemudian penilaian manajemen krikulum pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baubau sudah baik dibuktikan guru dalam melaksanakan kegaiatan pembelajaran di kelas disesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan silabus pembelajaran yang disusun sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas.

 

Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam

 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alim Muhammad,(2006) Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Arifin Zainal, (2011),Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, (Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

------------------------- dan Lia Yuliana, (2009), Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta.

--------------------------,(2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Asdi Mahasatya)

Basri Hasan,(2012). Kapita Selekta Pendidikan,Cet. 1, Bandung: Pustaka Setia.

Basrowi dan Suwandi, (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik,Oemar.(2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Majid Abdul,(2012), Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,Cet ke-1, Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Moh. Roqib. (2009). Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: LkiS

Moleong Lexy J., (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Bandung : Rosda Karya), Cet. XI

Muhaimin, M. A. (2007), Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Ed 1-2 (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada)

Muhammad Ibn ‘Alawi al-Maliki al-Hasaiy, Qawaid Asasiyah fi Ilm Mushthalah al-Hadits, (Macca: Dar Sahr, 1402 H).

Mujib Abdul, M. Ag., et al,(2008), Ilmu pendidikan Islam, Jakarta: Kencana)

Mukodas (2010) Tesis Manajemen Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Integral Luqman Al-Hakim Kudus

Mulyana Deddy,(2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya,)

Nata Abuddin, (2004), Metodologi Studi islam, Cet-9, Jakarta: Raja Grafindo persada.

Norma Chunnah Zulfa, (2013) Tesis, Manajemen Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN 1 Surakarta.Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Purmwanto Ngalim, (2002). Prinsip-prinsip dan tehnik Evaluasi Pengajaran, (Bandung : Rosda Karya)

Ramayulis,(2010) , Metodologi Pendidikan Agama Islam, Cet ke-6, Jakarta: Kalam Mulia.

Rasidi, (2013), Tesis, Manajemen kurikulum di MTsN Model Sumber Bungur Pamekasan 3: Telaah Komparatif Antara Kurikulum Program Regular dan Akselerasi., Program Studi Ilmu Ke-Islaman, Konsentrasi Pendidikan Islam, IAIN Sunan Ampel

Rusman,. (2012), Manajemen Kurikulum, Ed. 1-4 (Jakarta: Rajawali Pers)

Sugiyono, (2012). Metode Penetlitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D).Cet ke-15. Bandung: Alfabeta

Tohirin, (2006), Phisikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003

Zurinal Z., dkk, (2006), Ilmu Pendidikan; Pengantar dan Dasar-Dasar Pelaksanaan Pendidikan, cet I, Jakarta: UIN Jakarta Press.

Zaitun (2009) Tesis: Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Sentra di TK (Studi Kasus di TK Pembina Negeri Banjarbaru dan TK Fantsha Banjarbaru)

INTERNET:

Ridwan, Pendidikan Agama Membangun Moral atau Etik Peserta Didik, http://ridwan202.wordpress.com. Diakses 8 April 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v2i01.2836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.