Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kulisusu Barat Kabupaten Buton Utara

Acoci Acoci

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD di Kelas VII SMP, (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi antara yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP, (4) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang memiliki motivasi rendah antara yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan factorial group design dengan 2 x 2 memiliki dua variabel yaitu variabel bebas (perlakuan) dan variabel atribut. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kulisusu Barat Kabupaten Buton Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 orang yang terbagi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan perbedaan hasil belajar siswa lebih baik yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT daripada diajar dengan model pembelajara cooperative learning tipe STAD. Dengan demikian salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada beberapa materi dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran TGT.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning, TGT, STAD, Motivasi   Belajar dan Hasil Belajar Siswa.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamalik. Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Cet. ke-3. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mudjiono. 2006. Strategi belajar mengajar. Depdikbud Dirjen Pedidikan Tinggi

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Group

Sardiman A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.

Susanto Ahmad. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Sanjaya, Wina. 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta, kencana perdana media Group.

Pribadi Benny. 2011. Model Desain Sistim Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Uno Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v2i01.2857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.