STRATEGI BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Yus Vernandes Uzer

Abstract


Abstrak :Anak usia dini mempunyai periode yang sensitive atau peka terhadap sesuatu. Segala macam aspek dalam berbahasa bisa diperkenalkan kepada mereka sebelum masa ini berakhir, Karena setelah anak berusia 8 tahun perkembangan otaknya mencapai 80 %. Oleh karena itu, pengajar atau guru harus berusaha berikan yang terbaik untuk memanfaatkan masa anak usia dini dengan memberikan strategi-strategi yang mampu mendongkrak semangat dan motivasi dengan apa yang diberikan, khususnya untuk pengajaran bahasa Inggris. Seperti yang diketahui bahwa anak-anak menyukai sesuatu yang bersifat menyenangkan. Untuk itulah dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat diterapkan tentang strategi pembelajaran anak usia dini yang menyenangkan melalui Metode TPR (Total Physical Response Method), story telling, pictures dan songs sehingga mempermudah mereka menyukai pembelajaran bahasa Inggris.

Kata Kunci: Bahasa Inggris, Strategi, Menyenangkan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ambarsari,Lelly. Penerapan Metode Storytelling Pada Kemampuan B3 Tk Budi Mulia 2 Pandeansari Yogyakarta, Artikel Jurnal Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Anak Usia Edisi 10 Tahun Ke-4 Desember, 2015

Annisa Rachmani Tyaningsih, Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Berbasis Proses Pemerolehan Bahasa Pertama, Barista, Volume 3, Nomor 1,Juli 2016

Arifah, Nuraini. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar Penelitian Pada Anak Kelompok B Tk Islam Al- Barokah Surakarta, Artikel Publikasi universitas Muhamadiya Surakarta 2014/2015

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2015

Azis ,Ssarifudin., Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini, (Depok Sleman Yogyakarata : Kalimedia, 2017

Budiarti, Sulistyo ,Rachma Hasibuan, Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Pop Up Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Jurnal PAUD Teratai, Volume 05 Nomor 03 Tahun 2016

Atri. 2012. Kajian Teori http://eprints.uny.ac.id/9706/2/Bab %202%20- %2009111247004.pdf (online), (http://digilib.unimed.ac.id/public/ UNIMEDArticle-23390- e%20irma%20khairani.pdf.htm.

Dedi. 2012. Pengertian Strategi Pembelajaran. (online), (http://digilib.unimed.ac.id/public/ UNIMED-Article-23390- e%20irma%20khairani.pdf

Ade Irma Khairani. Pendidikan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. (online) http://digilib.unimed.ac.id/public/U NIMED-Article-23390- %20irma%20khairani.pdf

Ferdi Widiputera. 2004. Model - Model Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Inovatif

Untuk Anak Usia Dini (online) http://sippendidikan.org/file_uploa d/04.Penelitian%20Pengembangan %20Model

%20Pembelajaran%20Inovatif%2 0By%20Ferdi.pdf diakses 9 Februari 2014)

Wiwy T. Pulukadang dan Sri Wahyuningsih Laiya.Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Gerak dan Lagu pada Anak Kelompok B Di TK Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota

Gorontalo.http://ejurnal.fip.ung.ac.id/inde x.php/PDG/article/viewFile/164/1 59

Suyadi, Teori Pemebelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neuro Sains,




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.