PENGARUH MEDIA KARTU KATA DALAM MEMBUAT KALIMAT DI SDN 95 PALEMBANG

Authors

  • Muhammad Ali Univ. PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v3i01.3758

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah adakah pengaruh media kartu kata dalam membuat kalimat di SDN 95 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh media kartu kata dalam membuat kalimat di SDN 95 Palembang. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 95 Palembang yang berjumlah seluruhnya 132 siswa. Sampel penelitian kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas konrol berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, dan teknik angket. Teknik analisi data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah uji-t. Berdasarkan hasil data dan pembahasan, dengan tarap uji yang digunakan adalah uji 2 (dua) pihak dengan tarap nyata a = 0,05 dan dk = n – 2, maka 62 – 2 = 60. Dengan nilai dk (60) tersebut maka dapat untuk ttabel = 1,67 (dalam lampiran table distribusi nilai t) dan untuk nilai thitung = 6,99. Dengan demikian dapat disumpulkan, bahwa thitung > ttabel(6,99 > 1,67) maka Ha diterima karena jumlah thitunglebih besar dari pada ttabel. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 21,12 dan kelas konrol 14.06. dengan demikian hipotesis yang penulis kemukakan yaitu “Ada pengaruh media kartu kata memiliki pengaruh terhadap membuat kalimat di SDN 95 Palembang†terbukti kebenarannya.

 

Kata Kunci: pengaruh, media kartu,  dan kalimat

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajara. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Halimah. 2012. “Pengaruh Media Permainan Berbentuk Kartu Kata dalam Mebuat Kalimat Siswa SD Negeri 11 Babatan Saudagarâ€.Skripsitidakditebitkan. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Hasan Alwi, Soenjono Dardjowidjojo, Hans Lapoliwa, Anton M. Mueliono. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Irawan, Candra. 2014. Ketrampilan Pers dan Jurnalistik. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Kurnia. 2012. Bahan Ajaran Linguistik Umum. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Syaifudin Bahri Djamarah & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosa Kata. Bandung: Percetakan Angkasa.

Sriyantin. 2012. Penerapan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca

W. Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo, Anggota Ikapi.

Downloads

Published

2020-05-20