PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENGIDENTIFIKASI CERPEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA SDN 02 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v3i01.3759Abstract
Abstrak : Judul hasil penelitian ini adalah penerapan model group investigation (GI) dalam mengidentifikasi cerpen untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada SDN 02 Palembang, rumusan masalah apakah pengaruh penerapan model group investigation (GI) dalam mengidentifikasi cerpen untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada SDN 02 Palembang? Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penerapan model group investigation (GI) dalam mengidentifikasi cerpen untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada SDN 02 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 02 Palembang. Sampel penelitian ini adalah kelas IIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIb sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true-experimental design. Teknik  data yang digunakan adalah tes dan teknik wawancara. Dari hasil perhitungan statistik uji-t diperoleh = 4,56 dan  = 2,000, dengan taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian berarti >, maka Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh penerapan model group investigation (GI) dalam mengidentifikasi cerpen untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada SDN 02 Palembang.
Kata kunci : Group Investigation, kemampuan membaca dan cerpenReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aminudin, dkk. 2008. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Kosasih. 2014. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Cv. Yrama Widya.
Kosasih. 2014. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.