PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA UNTUK SDN 98 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v3i01.3761Abstract
Abstrak :Masalah dalam hasil penelitian ini adalah adakah Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator terhadap Kemampuan Membaca untuk SDN 98 Palembang Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator terhadap Kemampuan Membaca untuk SDN 98 Palembang. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan rancangan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN 93 Palembang yang berjumlah seluruhnya 165 siswa. Sampel penelitian kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah uji-t.            Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil tes eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran student facilitator dalam pembelajaran menyimpulkan isi berita adalah 74,87% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran student facilitator dalam pembelajaran menyimpulkan isi berita dengan nilai rata-rata 70,96%. Dari uji homogen, bahwa sampel yang ada diperoleh dari populasi yang homogen ini dibuktikan bahwa Fhitung < Ftabel =2,58 < 1,67. Untuk uji hipotesis diperoleh thitung = 7,03 pada taraf signifikan 0,05 (5%) dengan db 60 yaitu 2,00 sehingga ttabel < thitung = 2,00 < 7,03, sehingga thitung dinyatakan signifikan. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Student Facilitator terhadap Kemampuan Membaca untuk SDN 98 Palembang.
Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Student Facilitator, Kemampuan Membaca
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kurnia. 2012. Bahan Ajar Linguistik Umum. Tidak diterbitkan. FKIP: Universitas PGRI Palembang.
Latuconsina, Chandra. 2014. Keterampilan Pers dan Jurnalistik. Tidak diterbitkan. FKIP: Universitas PGRI Palembang.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sudjana. 2013. Metode Statistika. Badung: Tarsito.
Sutriyani. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Siswa Kelas V SD Negeri 122 Palembang Menentukan Isi Pengumuman. Skripsi Tidak Diterbitkan. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Trianto. 2013. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.