PENGARUH PERMAINAN GOBAK SODOR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN TK ABA TIRTAMULYA KECAMATAN MAKARTI JAYA

Authors

  • elsia ketty

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4051

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan gobak sodor terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B2 di TK ABA Tirtamulya Kecamatan Makarti Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Metode pengambilan sampel dalam penelitain ini adalah True Experimental Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh permainan gobak sodor terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK ABA Tirtamulya Kecamatan Makarti Jaya dengan perolehan data hasil tes awal (pretest) pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak memiliki nilai rata-rata sebesar 45,17. Kemudian setelah diberikan perlakuan (treatment) menggunakan permainan gobak sodor, peneliti melakukan tes akhir (posttest) menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar memiliki nilai rata-rata sebesar 84,17. Dan dari perhitungan uji normalitas diperoleh bahwa hasil tes awal (pretest) dan hasil tes akhir (posttest) berdistribusi normal yaitu untuk data hasil tes awal (pretest) sebesar -0,57 dan data hasil tes akhir (posttest) sebesar -0,26. Nilai tersebut terletak antara (-1) dan (1), maka data dengan tes awal (pretest) dapat dikatakan berdistribusi normal. Kemudian hasil dari perhitungan uji homogenitas diperoleh bahwa nilai Fhitung = 2,068 dan Ftabel= 4,49 yang berarti bahwa Ftitung ≤ Ftabel sehingga dapat dinyatakan bahwa varians-varians tersebut homogen. Selanjutnya, perhitungan dari uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil dari perhitungan regresi Ŷ= a + bX diperoleh bahwa data hasil tes awal (pretest) sebesar 139,65 dan data hasil tes akhir (posttest) sebesar 195,03 yang berarti data hasil tes akhir (posttest) lebih besar dari hasil tes awal (pretest). Selanjutnya, hasil dari perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,96 dan ttabel = 2,10 pada taraf signifikan (α) = 0,05 (5%), yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Motorik kasar, Gobak Sodor, Anak Usia Dini.

References

DAFTAR PUSTAKA

Desmita, 2015. Psikologi Perkembangan, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Erdiana, Lita. 2016, Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Dan Sikap Kooperatif Anak TK Kelompok B Di Kecamatan Sidoarjo, Vol 2 No. 3(agustus 2016) Diakses pada 13 Maret 2019.

Fe, Eci. 2017, Buku Pintar Olahraga & Permainan Tadisional, Jakarta Selatan: Laksana.

Iswaningtyas, Veny & Wijaya,Intan. 2015, Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia dini melalui permainan Tradisional Gobak Sodor, Vol 1 No. 3(oktober 2015) Diakses pada 15 Februari 2019.

Kurniati, Euis. 2016, Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangakan keterampilan sosial anak. Jakarta: Prenamadia Group.

Mulyani, Sri. 2013. 45 Permainan Tradisona Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing.

Rohmah, Muzilatur A & Astini, Made. 2013, Peran Kegiatan Tari Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di TK Muslimat Di T Muslimat Mazraatul Ulum II Paciran Lamongan, Vol 2, Nomor 1. Diakses pada 17 Februari 2019.

Samsudin, 2008. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PT Fajar Interpratama.

Sugiyono. 2017, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Dadan. 2018, Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyadi, & Ulfah, Maulidya. 2015, Konsep Dasar Puad. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-05-20