Meningkatkan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan berkebun pada anak kelompok b ra perwanida 4 jakabaring palembang

Authors

  • Annisa Dwi Marietta

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4088

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan berkebun pada anak kelompok B RA Perwanida 4 Jakabaring Palembang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah bulan Juli-Agustus 2019. Yang diteliti dalam penelitian ini adalah anak kelompok B3 berjumlah 17 Orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan data deskriptif dengan analisis refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa karakter anak  peduli terhadap lingkungan di RA Perwanida 4 Jakabaring Palembang dilakukan melalui kegiatan berkebun, aspek penilaian yang dapat dilihat yaitu kepedulian, sikap, dan tindakan (perbuatan). Dalam ketiga aspek tersebut dilakukan 2 siklus, Siklus I terdiri dari 4 kali pertemuan, dan Siklus II terdiri dari 4 kali pertemuan. Sebelum memasuki siklus I ada tahap pra tindakan. Pra tindakan dilakukan untuk tahap awal, siklus I tahap permulaan, dan siklus II tahap perubahan. Hasil penelitian ini menunjukkan dari tahap pra tindakan, Siklus I ke Siklus II selalu mengalami peningkatan. Kegiatan berkebun merupakan dimana anak dapat melakukan kegiatan secara langsung dengan tanaman dan tumbuhan di lingkungan sekolah, melalui kegiatan berkebun, dengan dilakukan kegiatan menanam sayur bayam pada siklus I, dan menanam sayur katu pada siklus II. Dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa dari tahap pra tindakan yang memiliki ketuntasan 0%, siklus I mengalami kenaikan 17%, dan siklus II mengalami kenaikan 77%, nilai ketuntasan ini dilihat dari pertemuan 1-4.

Saran: Tanamkan karakter anak peduli terhadap lingkungan sejak dini, sehingga anak dapat menghargai kebersihan lingkungan sekitar ia berada.

Downloads

Published

2021-03-06