Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengn Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Paras Jaya Palembang

Authors

  • Mirnawati Mirnawati

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4092

Abstract

Abstrak :Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk membuktikan adakah hubungan yang signifikan antara Interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TK Paras Jaya Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi 31 orang anak dan yang dijadikan sampel adalah 13 orang anak. Instrumen penelitian in menggunakan lembar observasi dan dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian yang didapat adanya hubungan yang signifikan antara Interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di tk paras jaya Palembang. Hal ini terlihat dari nilai = 327 dan =350 sedangkan =5748. Dari hasil perhitungan tersebut ternyata = 0,65 lebih besar dari = 0,44 (0,65>0,44), yang dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka Angka Indeks Korelasi yang telah diperoleh tidak bertanda negative. Ini berarti korelasi antara variabel X (interaksi teman sebaya) dan variabel Y (perilaku sosial) terdapat hubungan yang signifikan atau dengan kata lain memiliki interaksi teman sebaya antara kedua variabel tersebut, dan terletak antara 0,60 sampai dengan 0,799. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di tk paras jaya palembang.

Kata Kunci : Interaksi Teman Sebaya, Perilaku Sosial

Abstract :This study is a correlation study that aims to prove there is a significant relationship between peer interaction with social behavior of children aged 5-6 years at Paras Jaya Kindergarten Palembang. This study uses a correlation study with a population of 31 children and the sample is 13 children. The research instrument used observation sheets and analyzed by Product Moment correlation technique. From the research results obtained a significant relationship between peer interaction with social behavior of children aged 5-6 years at Palembang's glorious kindergarten. This can be seen from the value = 327 and =350 while =5748. From the results of these calculations it turns out that r_calculate = 0.65 is greater than r_table = 0.44 (0.65> 0.44), which is stated Ha is accepted and Ho is rejected. Then the Correlation Index Figures that have been obtained are not negative. This means that the correlation between variable X (peer interaction) and Y variable (social behavior) has a significant relationship or in other words has peer interaction between the two variables, and lies between 0.60 and 0.799. So it can be concluded that there is a significant relationship between peer interaction with social behavior of children aged 5-6 years in kindergarten palembang.

Keywords: Peer Interaction, Social Behavior

References

Daftar pustaka

Downloads

Published

2020-05-20