PENGARUH MEDIA POP UP BOOK BERBASIS CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI KELOMPOK B (USIA 5-6 TAHUN) DI PAUD AL-HUDA PALEMBANG TAHUN 2019

Authors

  • Dewi Fitriani
  • Taty Fauzy
  • Melinda Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pop up book berbasis cerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B (Usia 5-6 tahun) di PAUD Al-huda Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true Exsperimental Design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Al-huda Palembang. Sampel penelitian adalah anak kelas B1 dengan jumlah 15 orang anak kelas eksperimen dan 15 anak kelas kontrol. Data yang diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar check-list yang disesuaikan dengan kisi-kisi instrumen yang telah dibuat, serta dokumentasi berupa foto dan video. Berdasarkan nilai yang diperoleh bahwa rata-rata nilai untuk pretest kelas eksperimen 42,6. Sedangkan rata-rata nilai posttest 66,2. Ini berarti nilai rata-rata posttest lebih besar dari nilai pretest. dan dengan hasil uji-t yaitu thitung> ttabelatau 6,0 > 2,48 dengan taraf signifikan (α) 0,05 dan dk = 15 – 1 = 14 maka H0 ditolak dan Haditerima. Hal ini berarti terdapat pengaruh media pop up book berbasis cerita terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini kelompok B (Usia 5-6 tahun) di PAUD Al-huda Palembang.

 

Kata Kunci : Pop Up Book, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini

References

DAFTAR PUSTAKA

Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Jaya Sari Puspita Melinda. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Kegiatan Bernyanyi di Kelas 1 di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar. Vol. 8 Edisi 2

Nizwardi jalinus dan Ambiyar. 2016. Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: KENCANA

Susanto Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: KENCANA

Tarigan Hendry Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa

Kurniawati Eriptha. 2018. Penerapan media pop up raksasa untuk mengembangan kemampuan berbicara anak kelompok B TK dharma wanita betet kediri. Jurnal program studi PGRA. Vol. 8 No. 1

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-06-16