PENGARUH BERMAIN LARI ESTAFET TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN TK YASPA PALEMBANG

Authors

  • Bibit Retno Sari
  • Santa Idayana Sinaga

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4183

Abstract

Abstrak: Dimasa usia dini anak perlu mendapatkan stimulasi yang baik karena dimasa ini, anak mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam semua bidang aspek perkembangan, salah satunya motorik kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain lari estafet terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B usia 5-6 Tahun TK Yaspa Palembang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen menggunakan true eksperimental design dengan bentuk prettest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 30 orang anak terdiri dari B1 dan B2. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh untuk prettest kelas eksperimen 0,06 dan posttest kelas eksperimen 0,08 kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas data untuk Fhitung  Ftabel atau 1,28  2,48 varians dalam penelitian ini homogen. Hasil perhitungan hipotesis uji t, diperoleh thitung 4,53  ttabel 2,048, berarti tolak Ho dan terima Ha maka terdapat pengaruh bermain lari estafet terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B usia 5-6 tahun TK Yaspa Palembang.

 

Kata Kunci: Lari Estafet, Motorik Kasar, Anak Usia Dini

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Desmita. Pisikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Elfiadi, (2016). Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Diakses dari http://ejournal.iainIhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/15. Pada tanggal 09 januari 2019 pada pukul 18:27.

Fe, Eci. (2017). Buku Pintar Olahraga & Permainan Tradisional. Jogjakarta: Laksana.

Khasanah, Nur, dan Mallevi Agustin Ningrum, (2017). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Bermain Bola Estafet Di PPT Hasanah Terpadu Sambikerep Surabaya. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id, pada tanggal 07 Januari 2019 pada pukul 20:44.

Kurniati, Euis. (2016). Permainan Tradisional. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahyubi, Heri. (2016). Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Risaldy, Sabil. (2015). Bermain, Bercerita & Menyanyi Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media

Rohendi, Asep, dkk. (2017). Perkembangan Motorik. Bandung: Alfabeta.

Soraya, Risky Aulia. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Melalui Bermain Estafet Di TK PKK Marsudisiwi Pleret Bantul. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id>Pada tanggal 15 Januari 2019 pada pukul 19:01.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sumiyati. (2017). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Diakses dari www.syekhnurjati.ac.id./jurnal/index.php/awlady. Pada tanggal 17 Desember 2018 pada pukul 15:32.

Suryana, Dadan (2018), Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, Teguh. (2016). Buku Pintar Olahraga. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Pada tanggal 15 Januari 2019 pada pukul 22:27.

Wardani, Nurul Irma dkk. 2018. Permainan Modifikasi Lari Estafet Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-4 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Yosomulyo. Diakses dari Jurnal Pendidikan Anak, 2018- jurnal.fkip.unila.ac.id pada tanggal 12 Maret 2018 pada pukul 18:40.

Wiarto, Giri, (2013). Atlentik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-08-05