PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS MEMANFAATKAN BAHAN BEKAS
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5338Keywords:
kreativitas, melukis, bahan bekasAbstract
Bermain dalam kegiatan melukis akan membuat anak memiliki pengalaman dalam hal peningkatan kreativitas karena akan bekaitan dengan imajinasi yang akan dituangkan anak saat menggoreskan kuas lukis. Permasalahan ditemukan dalam kegiatan melukis yang dilakukan menggunakan bahan kertas gambar saja sehingga peneliti akan menggunakan bahan bekas dari tempat air minum kemasan sebagai media yang mudah didapatkan ,aman bagi anak dan karya ide yang dihasilkan akan lebih bervariasi. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan rincian eksploratif dimana peneliti akan menunjukan gambaran tentang kegiatan melukis dalam peningkatan kreativitas anak. Subjek penelitian 16 anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Labschool UN PGRI Kediri. Data dikumpulkan dengan observasi, interview langsung dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis kualitatif yang berpijak pada logical thingking dikuatkan dengan teori dan capaian perkembangan kreativitas anak yang diamati. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dalam kemampuan kreativitas anak dengan kegiatan bermain melukis di bahan bekas. Rekomendasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini apabila merancang kegiatan bermain sebaiknya tidak membatasi ruang gerak anak dalam berekspresi serta bereksplorasi karena akan membuat anak bukan menjadi penemu tetapi peniru.
References
Beritabaik.id. (2019). 6 Manfaat Yang Bisa Didapat Kalau Kamu Hobi Melukis, apa saja?. https://www.beritabaik.id/read?editorialSlug=seni&slug=1549084473353-6-manfaat-yang-bisa-didapat-kalau-kamu-hobi-melukis-apa-saja
. M. (2014). PEMBELAJARAN SENI LUKIS ANAK BERDASARKAN PENGALAMAN LOMBA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1865
Askandari, L., Fadillah, F., & Yusuf, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Pembelajaran Melukis Dengan Jari Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(8), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6101
Darlia, D., & Saranani, M. S. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS. JURNAL RISET GOLDEN AGE PAUD UHO, 2(2), 94. https://doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8357
Hermansyah, H. (2019). PEMBELAJARAN MELALUI SENTRA SENI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 108–127. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.120
Mohammed, R., & Mohammed, R. (2018). Defining creativity. In Creative Learning in the Early Years (pp. 24–42). https://doi.org/10.4324/9781315206400-3
Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 125.
haryono. E.S., Anggraini. H., & Muntomimah. S. (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Dari Bahan bekas. Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas kanjuruan Malang-2017; 460-462
Nurlin, N., Yuliani M, S., & Yusuf, H. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis. JURNAL RISET GOLDEN AGE PAUD UHO, 1(3), 210. https://doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9108
Prameswari, T., & Anik Lestariningrum. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387
Rohani, S., Ag, M., & Pd. (2017). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS. JURNAL RAUDHAH.
Sari, S. M. (2004). Peran Warna Interior Terhadap Perkembangan. Dimensi Interior, 2(1), 22–36. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=12&ved=0CCEQFjABOApqFQoTCOug9vnlzcgCFRWQjgodQ9kDSA&url=http://dimensiinterior.petra.ac.id/index.php/int/article/download/16244/16236&usg=AFQjCNHDVHqMKmSSteJCIYCTxMDT3VXSzg&bvm=bv.105454873,d.c2
Septianingsih, N., Asmawati, L., & Sayekti, T. (2017). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BAHAN
BEKAS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653
seputarpengetahuan.co.id. (2020). Pengertian Seni Menurut Para Ahli. Portal Media Pengetahuan Online.
Vionitta, D., & Suyadi. (2020). Kegiatan Kreativitas Seni Warna Anak Usia Dini Melalui Permainan Cat Air di Masa Pandemi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Anak Dini, 4(1), 74–87.
White, R. E. (2013). The Power Of Play: A Research Summary on Play and Learning. Smart Play, 15–25. http://www.childrensmuseums.org/images/MCMResearchSummary.pdf
Widiyanto & Tri Endang Jatmikowati. (2020). Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan melukis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.