PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS MEMANFAATKAN BAHAN BEKAS

Authors

  • endang sri handayani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • intan prastihastari wijaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • anik lestariningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5338

Keywords:

kreativitas, melukis, bahan bekas

Abstract

Bermain dalam kegiatan melukis akan membuat anak memiliki pengalaman dalam hal peningkatan kreativitas karena akan bekaitan dengan imajinasi yang akan dituangkan anak saat menggoreskan kuas lukis. Permasalahan ditemukan dalam kegiatan melukis yang dilakukan menggunakan bahan kertas gambar saja sehingga peneliti akan menggunakan bahan bekas dari tempat air minum kemasan sebagai media yang mudah didapatkan ,aman bagi anak dan karya ide yang dihasilkan akan lebih bervariasi. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan rincian eksploratif dimana peneliti akan menunjukan gambaran tentang kegiatan melukis dalam peningkatan kreativitas anak. Subjek penelitian 16 anak usia 4-5 tahun  di kelompok A TK Labschool UN PGRI Kediri.  Data dikumpulkan dengan observasi, interview langsung dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis kualitatif yang berpijak pada logical thingking dikuatkan dengan teori dan capaian perkembangan kreativitas anak yang diamati. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dalam kemampuan kreativitas anak dengan kegiatan bermain melukis di bahan bekas. Rekomendasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini apabila merancang kegiatan bermain sebaiknya tidak membatasi ruang gerak anak dalam berekspresi serta bereksplorasi karena akan membuat anak bukan menjadi penemu tetapi peniru.

References

Beritabaik.id. (2019). 6 Manfaat Yang Bisa Didapat Kalau Kamu Hobi Melukis, apa saja?. https://www.beritabaik.id/read?editorialSlug=seni&slug=1549084473353-6-manfaat-yang-bisa-didapat-kalau-kamu-hobi-melukis-apa-saja

. M. (2014). PEMBELAJARAN SENI LUKIS ANAK BERDASARKAN PENGALAMAN LOMBA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1865

Askandari, L., Fadillah, F., & Yusuf, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Pembelajaran Melukis Dengan Jari Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(8), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6101

Darlia, D., & Saranani, M. S. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS. JURNAL RISET GOLDEN AGE PAUD UHO, 2(2), 94. https://doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8357

Hermansyah, H. (2019). PEMBELAJARAN MELALUI SENTRA SENI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 108–127. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.120

Mohammed, R., & Mohammed, R. (2018). Defining creativity. In Creative Learning in the Early Years (pp. 24–42). https://doi.org/10.4324/9781315206400-3

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 125.

haryono. E.S., Anggraini. H., & Muntomimah. S. (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Dari Bahan bekas. Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas kanjuruan Malang-2017; 460-462

Nurlin, N., Yuliani M, S., & Yusuf, H. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis. JURNAL RISET GOLDEN AGE PAUD UHO, 1(3), 210. https://doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9108

Prameswari, T., & Anik Lestariningrum. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387

Rohani, S., Ag, M., & Pd. (2017). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS. JURNAL RAUDHAH.

Sari, S. M. (2004). Peran Warna Interior Terhadap Perkembangan. Dimensi Interior, 2(1), 22–36. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=12&ved=0CCEQFjABOApqFQoTCOug9vnlzcgCFRWQjgodQ9kDSA&url=http://dimensiinterior.petra.ac.id/index.php/int/article/download/16244/16236&usg=AFQjCNHDVHqMKmSSteJCIYCTxMDT3VXSzg&bvm=bv.105454873,d.c2

Septianingsih, N., Asmawati, L., & Sayekti, T. (2017). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BAHAN

BEKAS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653

seputarpengetahuan.co.id. (2020). Pengertian Seni Menurut Para Ahli. Portal Media Pengetahuan Online.

Vionitta, D., & Suyadi. (2020). Kegiatan Kreativitas Seni Warna Anak Usia Dini Melalui Permainan Cat Air di Masa Pandemi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Anak Dini, 4(1), 74–87.

White, R. E. (2013). The Power Of Play: A Research Summary on Play and Learning. Smart Play, 15–25. http://www.childrensmuseums.org/images/MCMResearchSummary.pdf

Widiyanto & Tri Endang Jatmikowati. (2020). Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan melukis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 2.

Downloads

Published

2021-04-14