Pengaruh Mata Kuliah Kecerdasan Emosional Terhadap Self-Awareness dan Self-Regulation Mahasiswa Semester 1 Universitas Panca Sakti Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5352Keywords:
Mata Kuliah Kecerdasan Emosional, Self-Awareness, Self-RegulationAbstract
Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mata kuliah Kecerdasan Emosional terhadap self-awareness dan self-regulation pada mahasiswa semester 1 Universitas Panca Sakti Bekasi. Variabel mata kuliah kecerdasan emosional diukur berdasarkan nilai tengah semester mahasiswa, selanjutnya untuk variabel self-awareness dan self regulation diukur berdasarkan kuesioner yang dibuat dengan menggunakan dua aspek tersebut yaitu kemampuan memahami emosi yang dirasakan dan kemampuan mengelola emosi disaat badai emosi datang seperti amarah, cemas, dan sedih. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 1 yang mengambil mata kuliah ini dengan jumlah sampel sebanyak 152 orang yang diambil dari dua orang dosen pengampu mata kuliah tersebut. Tehnik sampling yang dipergunakan adalah purposive sampling dan data dianalisa dengan menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan data yang dianalisa, aspek dan indikator daripada self-awareness dan self-regulation memenuhi syarat validitas dan reabilitas dari suatu instrumen. Dari penelitian ini ditemukan bahwa ada pengaruh mata kuliah Kecerdasan Emosional terhadap self-awareness dan self-regulation mahasiswa sebesar 4,3%. Walaupun pengaruh yang didapatkan dari hasil penelitian ini kecil tetapi hasil ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan rekomendasi terhadap pengembangan silabus mata kuliah kedepan.
References
Agustin, Ginanjar Ary. (2007). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Jakarta: Arga.
Baranda, Al.Tridonanto. (2010). Meraih Sukses Dengan Kecerdasan Emosional. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Carr, Alan. (2004). Positive Psychology. New York: Brunner-Routledge.
Geßler, Sarah., Nezlek. J. B & Schütz, A. (2020). Training Emotional
Intelligence: Does Training in Basic Emotional Abilities Help People to Improve Higher Emotional Abilities?. The Journal of Positive Psychology. https://doi.org/10.1080/17439760.2020.1738537
Goleman, Daniel. (2019). Emotional Intelligence:
Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hidayah, Nurul. C. (2019). Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Pada
Anak Usia Dini Melalui Kesenian. Jurnal Pelita PAUD, Vol. 4 No 2 (2020). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.987
Ifham, A., Helmi, A. V. (2002). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Kewirausahaan pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, NO. 2, 89 - 111. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7018 diakses 18 februari 2021
Luan, Jacob. J. S. A., Blegur, Jusuf. (2017). Potret Kecerdasan Emosional
Mahasiswa pada Perkuliahan Seminar Pendidikan Jasmani.
Sebatik, 23(1), pp. 195-202. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/469
Situmorang, G. C. I., Desiningrum, D. R. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Coping Stress pada Mahasiswa Tingkat Pertama di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jurnal Empati, Vol. 7 No 3, pp279-285. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/21867 diakses 18 Februari 2021
Melandy, Rissyo dan Aziza, Nurna. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. SimposiumNasional Akuntansi IX: Padang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.