PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANGKA 1-20 PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Isabella Hasiana PGRI Adi Buana University

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5425

Keywords:

dakon, kemampuan berhitung, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berhitung anak yang masih kurang karena pelaksanaan kegiatan pembelajaran di salah satu TK di daerah Kabupaten Sidoarjo Kecamatan Krian yang cenderung menitikberatkan pada kegiatan akademik dan mengabaikan kegiatan bermain sebagai suatu metode di dalam pembelajaran. Guru lebih banyak menekankan pada lembar kerja siswa. Hal ini menyebabkan anak menjadi bosan saat belajar terutama dalam kegiatan berhitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional dakon terhadap kemampuan berhitung angka 1-20 pada anak kelompok TK B. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah pre-experimental design berupa one group pretest-posttest design. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini ialah sebanyak 13 anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik uji beda hasil pretest dan posttest (uji t). Tehnik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan maka hipotesis dapat diterima. Hal ini terlihat dari hasil penghitungan nilai t hitung > t tabel dengan nilai 17,91 > 1,78. Dengan demikian dapat diartikan bahwa permainan tradisional dakon berpengaruh terhadap kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok TK B.

Downloads

Published

2021-04-14