KESULITAN BERBICARA DAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kasus Pada Kelompok B6 di TK. YPPK BINTANG KECIL ABEPURA TAHUN AJARAN 2019-2020)
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5448Keywords:
Kata Kunci, Kesulitan Berbicara dan membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan berbahasa pada anak usia dini yang berdampak pada kemampuan berbicara, dan membaca pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan orang tua dalam mendampingi kegiatan anak dirumah dan disekolah mempunyai peranan penting. Memberi pemahaman kepada anak terhadap perkembangan berbahasanya, memberi pengetahuan bagi anak, membiasakan berbicara hal-hal positif, memberikan motivasi kepada anak, menyaring tayangan yang layak di tonton anak memberi dampak yang baik untuk perkembangan berbicara dan membaca anak kelompok B6 di TK. YPPK Bintang Kecil Abepura Kota Jayapura.
References
DAFTAR PUSTAKA
Dwi Yulianti. (2010). Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Indeks.
Dworetzky P. John. 1990. Introduction to Child Development. West: Publishing Company.
Hurlock, Elizabeth B. (1988), Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta, Erlangga
Hurlock Elizabeth. 1956. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Munandar, S.C. Utami, 1999, Kreativitas dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sani Abdullah, Ridwan, dkk. 2018. Penelitian Pendidikan. Medan: Tira Smart
Hardiansyah,Haris .2012.Metodolgi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial.Jakarta: Salemba Humanika
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Tarmansyah.2007.Inklusi Pendidikan untuk Semua.Jakarta: Depdiknas.
Seefeldt, Carol dan Wasik Barbara A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Penterjemah : Pius Nasar. Jakarta: Indeks
Iswah Ardiana. 2018. Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak Dalam Konteks Pendidikan (Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak) Jurnal PAUD Vol. 3 No. 1. hal.119-120
www.kompasiana.humaniora edukasi (diupdit tanggal, 30 November 2020).
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.