PEMANFAATAN APLIKASI ICANDO BAGI GURU

Authors

  • Hasanah Hasanah
  • Faza Karimatul Akhlak

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6797

Abstract

Abstrak :Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi Icando dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan mengetahui sejumlah manfaat yang didapatkan guru melalui pengalaman menggunakan aplikasi Icando Sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yakni purposive sampling dengan subjek penelitian adalah guru yang telah memanfaatkan aplikasi Icando dalam  proses pembelajaran di saat pandemi Covid-19 dan pihak pengembang aplikasi Icando. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Peneliti mengobservasi kegiatan pembelajaran di PAUD Bintang Ceria dan mewawancarai guru yang terlibat dalam pembelajaran juga mewawancari pihak Icando melalui PT ICD Karya Indonesia sekaligus mendokumentasikan segala hal yang berkaitan dengan rumusan masalah.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam pengimplementasian aplikasi Icando Sekolah pada PAUD Bintang Ceria terbagi menjadi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Dalam Perencanaan, RPP dan LPPA sudah tersedia dari pihak Icando dan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan sekolah sedangkan manfaat yang dirasakan guru selama menggunakan aplikasi Icando sekolah, pertama dalam sisi input guru merasa lebih dimudahkan dalam pembuatan rancangan pembelajaran dan guru selalu dibimbing dalam dimonitoring perkembangan sekolah mitra dengan mengadakan perkumpulan sebulan sekali. Kedua dalam sisi proses adalah terciptanya suasana belajar yang menyenangkan sehingga anak menjadi lebih aktif dan rajin, memudahkan proses belajar mengajar sehingga materi yang disampaikan tepat sasaran,  ketiga, dalam sisi output anak menjadi lebih berani dan terjalinnya komunikasi efektif antar guru dan orang tua terhadap terhadap anak.

 

Kata kunci: Icando, Inovasi Pembelajaran, Covid 19

 

Abstract :The purpose of the study is to describe the implementation of the Icando application in the implementation of online learning during the Covid-19 pandemic and to find out a number of benefits that teachers get through experience using the Icando School application. The research method uses a descriptive qualitative approach with the sampling technique used in the study, namely purposive sampling with the research subjects being teachers who have used the Icando application in the learning process during the Covid-19 pandemic and the developer of the Icando application. Collecting data using interviews, documentation and observation. Researchers observed learning activities at Bintang Ceria PAUD and interviewed teachers involved in learning as well as interviewing Icando through PT ICD Karya Indonesia as well as documenting all matters relating to the formulation of the problem.

The conclusion in this study is that the implementation of the Icando Sekolah application at Bintang Ceria PAUD is divided into planning, implementation and assessment. In planning, RPP and LPPA are available from Icando and can be modified according to school needs, while the benefits felt by teachers while using the Icando school application, first on the input side, teachers feel that it is easier to make learning designs and teachers are always guided in monitoring the development of partner schools by hold a meeting once a month. Second in the process side is the creation of a pleasant learning atmosphere so that children become more active and diligent, facilitate the teaching and learning process so that the material delivered is right on target, third, in terms of output, children become bolder and effective communication between teachers and parents towards children is established.

 

Keywords: Icando, Learning Innovation, Covid 19

 

 

References

Aisa, A, and L Lisvita. (2020) “Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19.†JoEMS (Journal of Education and Management … 3, no. 4 http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/308.

Arifin, Zainal, (2014).Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakaya,

Budiyono. (2020) “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Revolusi 4.0 Budiyono.†http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index Juli 6, no. 2.

Dwilestari, Ninin (2013)Penelitian Kualitatif: Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hermanto, Marsudi, Edy Subali, and Enie Hendrajati. (2010) “Efektifitas TIK Untuk Peningkatan Proses Belajar.†Prosiding semateksos 3 1, no. 10 november.

Irwan. (2019) “Implementasi Kahoot Sebagai Inovasi Pembelajaran.†Jurnal of Civic Education 2, no. 1.

Islam, Universitas, and Nahdlatul Ulama. (2016) “Urgensi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( Paud ) Dalam Ranah Kajian Manajemen Pendidikan Islam†13, no. 1

MEGAWANTI, P. (2012) “Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia.†Formatif 2, no. 3.

Mulyasa, H.E, (2014), Manajemen PAUD, Bandung: Remaja Rodakarya,.

Rusmayadi. “Pengembangan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.†Nasional, Prosiding Seminar Pengabdian, Lembaga Masyarakat, Kepada Makassar, Universitas Negeri (n.d.).

Santoso, D H, and A Santosa. “Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif.†LPPM Mercubuana. lppm.mercubuana-yogya.ac.id, 2020. http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/BUKU-RAPID-RESEARCH-COVID-UPDATE-1.pdf.

Sinduningrum, Estu, Rosalina Rosalina, and Atiqah Meutia Hilda. (2019). “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Media Pengenalan Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini.†Jurnal SOLMA 8, no. 1

Sugiyono, (2013), Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Bandung: Allfabet.

, (2013)Metode Peneitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya,.

Syarifudin, Albitar Septian. (2020). “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.†Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua 5, no. 1.

Whitebread, Mary Hayes and David. (2006). “ICT in the Early Years: Learning and Teaching with Information and Communications Technology.†Open University Press.

Yanti, Minanti Tirta, Eko Kuntarto, and Agung Rimba Kurniawan. (2020) “Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.†Adi Widya Jurnal pendidikan dasar 10, no. 1.

Downloads

Published

2021-12-15