PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE SHOW AND TELL SISWA SD NEGERI 97 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6799Abstract
Abstrak : Judul hasil penelitian ini adalah Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa SD Negeri 97 Palembang untuk dijadikan strategi dalam mengatasi kendala yang dihadapi, karena berdasarkan pengamatan awal, keterampilan berbicara siswa kelas 3 disekolah tersebut hanya sekitar 30 sampai 40%. Melihat kondisi tersebut maka selaku peneliti tertarik untuk melakukan tindakan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Terkait dengan kemampuan berkomunikasi, Show and Tell bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan berbagi informasi melalui cara menunjukkan benda dan menceritakan hal ikhwal benda tersebut, meliputi bentuk, ciri, komponen, fungsi, dan manfaat benda
Â
Kata Kunci: Berbicara, metode show and tell
Â
Â
References
Agung, Anak Agung Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.
Akhadiah, Sabarti, dkk. 1991. Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Cahyani, Isah. 2012. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Fathurrohman. 2010. Strategi Belajar Mengajar (Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam). Bandung: Resika Aditama.
Mudini dan Salamat Purba. 2009. Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Musfiroh, Takdiroatun. 2011. Show and Tell Edukatif: Panduan Pengembangan Social Skill Anak Usia Dini. Yogyakarta: Lokus
Rohim, Abdul, dkk. 2009. Kebahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Subana, M dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara: Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Nawawi, Hadari. (1985). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajang Mada University Press.
Tampubolon. (1991). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung : Angkasa
Tarigan, Henry Guntur. (1990). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Yamin, Martinis. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta Selatan: Referensi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.