PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE SHOW AND TELL SISWA SD NEGERI 97 PALEMBANG

Authors

  • Yuspar Uzer

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6799

Abstract

Abstrak : Judul hasil penelitian ini adalah Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa  SD Negeri 97 Palembang untuk dijadikan strategi dalam mengatasi kendala yang dihadapi, karena berdasarkan pengamatan awal, keterampilan berbicara siswa kelas 3 disekolah tersebut hanya sekitar 30 sampai 40%. Melihat kondisi tersebut maka  selaku peneliti tertarik untuk melakukan tindakan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Terkait dengan kemampuan berkomunikasi, Show and Tell bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan berbagi informasi melalui cara menunjukkan benda dan menceritakan hal ikhwal benda tersebut, meliputi bentuk, ciri, komponen, fungsi, dan manfaat benda

 

Kata Kunci: Berbicara, metode show and tell

 

 

References

Agung, Anak Agung Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1991. Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cahyani, Isah. 2012. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Fathurrohman. 2010. Strategi Belajar Mengajar (Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam). Bandung: Resika Aditama.

Mudini dan Salamat Purba. 2009. Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Musfiroh, Takdiroatun. 2011. Show and Tell Edukatif: Panduan Pengembangan Social Skill Anak Usia Dini. Yogyakarta: Lokus

Rohim, Abdul, dkk. 2009. Kebahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Subana, M dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara: Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Nawawi, Hadari. (1985). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajang Mada University Press.

Tampubolon. (1991). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. (1990). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Yamin, Martinis. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta Selatan: Referensi

Downloads

Published

2021-12-15