ANALISIS MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III DI SDN 99 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6800Abstract
Abstrak: Penelitian ini mengenai Analisis Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 3 SDN 99 Palembang 2020/2021â€.  Meskipun terdapat asumsi yang mendasari digunakannya angket sebagai teknik pengumpulan data yaitu bahwa responden memberikan jawaban sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya, namun kenyataannya hal tersebut sulit untuk dikontrol. Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia sangatlah banyak, sementara pada penelitian ini hanya membahas tentang variabel motivasi belajar siswa. Meskipun terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel bebas terhadap variabel terikat.
Â
Kata kunci: Motivasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Pengaruh
Â
References
Arista, Made. 2015. Analisis Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV PadaTiga SD di Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sadewo, Yosoa Damas.2012. Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar IPS Siswa dengan Menggunakan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Karangjero Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.
Sadirman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugyono. 2012. Metodelogi Penelitian Pendididkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Susanto. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uno, Hamzah, 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.