PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE KELAS XI DI SMA N 2 OKU

Authors

  • Budi Utomo

Abstract

ABSTRAK

            Model pembelajaran kooperatif memiliki berbagai tipe dengan langkah yang berbeda-beda, antara lain model jigsaw dan model think pair share. Model jigsaw dan model think pair share diharapkan mampu miningkatkan daya pikir dan kreativitas peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar Geografi antara siswa yang diajar menggunakan model jigsaw dengan model think pair share kelas XI di SMA N 2 OKU. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi antara siswa yang diajar menggunakan model jigsaw dengan model think pair share kelas XI di SMA N 2 OKU. Hipotesis pada penelitian ini adalah “ada perbedaan hasil belajar Geografi antara siswa yang diajar menggunakan model jigsaw dengan model think pair share kelas XI di SMA N 2 OKUâ€.

            Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI semester I SMA N 2 OKU yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan Purposive Sample yaitu kelas XI.IPS sebagai kelompok eksperimen satu dan kelas XI.IPS sebagai kelompok eksperimen dua. Variabel penelitian model Jigsaw dan model Think Pair Share sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode penelitian eksperimen, teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes.

            Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikan (α=0,05).Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas XI.IPS didapat nilai rata-rata hasil belajar 84 sedangkan pada kelas XI.IPS didapat nilai rata-rata hasil belajar 71. Untuk pengujian hipotesis didapat thitung = 5,28 sedangkan ttabel = 1,996. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Geografi antara siswa yang diajar menggunakan model jigsaw dengan model think pair share kelas XI di SMA N 2 OKU.

 

Kata kunci: Hasil belajar, Model Jigsaw, Model Think Pair Share

Downloads

Published

2017-04-07