UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI PADA PRAKTIKUM GEOMORFOLOGI INDONESIA MELALUI TUTOR SEBAYA DI PROGRAM STUDI GEOGRAFI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Authors

  • Budi Utomo

Abstract

ABSTRAK
Tutor sebaya akan menunjukkan keuntungan dengan menggunakan
potensi mahasiswa yang mampu menyerap pelajaran dengan cepat sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan geografi Universitas PGRI Palembang. tujuan penelitian ini adalah diharapkan menjelaskan peranan peer totor (totor sebaya) dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan geografi di Program Studi Geografi Universitas PGRI Palembang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan strategi siklus. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan Mahasiswa Geografi semester tiga Universitas PGRI Palembang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 467 mahasiswa. Sampel yang digunakan Purposive Sample yaitu kelas 3D sebagai subyek penelitian sebanyak 46 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peer totor (totor sebaya) dalam
meningkatkan hasil praktikum mahasiswa pendidikan geografi di Program Studi Geografi Universitas PGRI Palembang. Ketuntasan praktikum mahasiswa mengalami peningkatan rata-rata sebesar 15,22 % atau 7 mahasiswa.
Kata kunci: Hasil belajar, praktikum geomorfologi, dan peer totor (totor
sebaya).

Downloads

Published

2017-04-07