Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Geometri (Penelitian Kualitatif-Deskriptif padaMahasiswa PGSD Universitas PGRI Palembang Semester1 Tahun Akademik 2016/2017)

Authors

  • Miftha Indasari

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa PSD dalam menyelesaikan soal geometri melalui metode kualitatif-deskriptif dengan menggunakan triangulasi data, yakni dokumentasi, wawancara, dan observasi. Dalam menguji kemampuan pemahaman matematis, peneliti menggunakan soal tes essay yang terlebih dahulu diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Kemudian didapatkan hasil bahwa hanya 4 dari 5 soal yang bisa digunakan dalam tes kemampuan pemahaman matematis mahasiswa PGSD.Dalam penelitian ini, mahasiswa dibagi menjadi 3 tingkatan kategori kemampuan, yakni tinggi, sedang, dan rendah.Hasil yang didapatkan ialah pada soal nomor 1, 2, dan 3 mahasiswa sudah bisa menafsirkan dan memahami maksud soal serta mengetahui konsep serta syarat apa saja yang mesti dicari dan rumus apa yang mesti dipakai walau ada mahasiswa yang salah dalam menyelesaikan soal dengan tepat. Namun pada soal nomor 4, tidak ada satupun
mahasiswa yang mampu dlaam menjawab soal tersebut dikarenakan tidak paham akan maksud soal. Namun setelah diwawancarai dan diberikan sedikit scaffolding, mahasiswa akhirnya bisa menjawab soal-soal yang diberikan.Kesimpulan yang didapat ialah sebanyak 33% mahasiswa memiliki kemampuan tinggi, 50% mahasiswa memiliki kemampuan sedang, dan 17% mahasiswa memiliki kemampuan rendah. Pemberian scaffolding kepada mahasiswa akan membantu mereka dalam menyelesaikan soal.
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman, Soal Geometri

Downloads

Published

2017-05-08