HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP SISWA TERHADAP PAHLAWAN NASIONAL SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian koralasi yang berjudul HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP SISWA TERHADAP SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR ini dilaksanakan di SD Negeri se-Kecamatan Indralaya, yakni pada SD Negeri 6 Indralaya, SD Negeri 8 Indralaya, dan SD Negeri 13 Indralaya. Masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah hubungan yang signifikan dan seberapa besar tingkat hubungan antara pengetahuan dalam sikap siswa terhadap pahlawan nasional Sultan Mahmud Badaruddin II pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD Negeri se-Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir dan seberapa besar tingkatan hubungan tersebut?†Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara pengetahuan dan sikap siswa terhadap pahlawan nasional Sultan Mahmud Badaruddin II pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD Negeri Se-Kecamatan Indralaya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Indralaya dimana masing-masing SD tersebut diambil 20 siswa untuk dijadikan sampel sehingga jumlah total keseluruhan sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam tes dan angket.Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa mengenai diri dan kepribadian pahlawan nasional Sultan Mahmud Badaruddin. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui bagaimana sikap siswa setelah ia mengetahui tentang diri dan pribadi pahlawan nasional Sultan Mahmud Badaruddin II. Hasil dari penelitian ini adalah: analisis data didapatkan bahwa jika rxy > r tabel dengan taraf kepercayaan 95% maka ha diterima. Dalam perhitungan didapatlah rxy = 0,62 dan oleh karena 0,62 > 0,254 maka ha diterima, hal itu menunjukan adanya hubungan antara pengetahuan yang dimiliki siswa dan sikap yang ditunjukannya terhadap pahlawan nasional Sultan Mahmud Badaruddin II dan termasuk ke dalam kategori sedang. Setelah mengetahui kesimpulan dari penelitian ini maka diharapkan kepada guru dan pihak terkait dalam memahami lagi SK dan KD yang tertera pada KTSP sehingga pembelajaran akan mengarah ke pendekatan kontekstual sesuai dengan karakteristik lingkungan siswa.
Kata–kata kunci: pengetahuan, sikap, Sultan Mahmud Badaruddin II