PERBEDAAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA ANTARA GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL DAN KINESTETIK PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Zahruddin Hodsay

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Antara Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik pada  Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan IPK mahasiswa antara gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang?. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan IPK mahasiswa antara gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode uji komparatif lebih dari dua rata-rata  dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah dokumentasi dan angket/kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 8 tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 129 orang, sedangkan sampel berjumlah berjumlah 98 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji komparatif lebih dari dua rata-rata .

Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata IPK mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual sebesar 3,29, mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditorial sebesar 3,23 serta mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik sebesar 3,23. Sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji komparatif lebih dari dua rata-rata  diperoleh Fhitung yaitu 1,36 sedangkan  Ftabel dengan taraf kesalahan α 0,05 diperoleh yaitu 3,10. Jadi 1,36 < 3,10 maka Ha ditolak dan H0 diterima yang berarti tidak ada perbedaan IPK mahasiswa berdasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik pada mahasiswa Progam Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang.

 

Kata Kunci : Indeks Prestasi Kumulatif, Gaya Belajar : Visual, Auditorial, Kinestetik.

Downloads

Published

2017-05-09