FILSAFAT PENDIDIKAN HUMANISME DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI PESERTA DIDIK DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS: SEBUAH KAJIAN TEORI

Authors

  • Santi Mayasari

Abstract

Abstrak

Filsafat pendidikan humanisme menilai bahwa perkembangan kognitif atau intelektual sama pentingnya dengan afektif siswa yang harus dikembangkan yang juga merupakan aspek terpenting dalam pendidikan. Ini berarti bahwa filsafat pendidikan humanisme berorientasi pada pengembangan manusia, menekankan nilai-nilai manusiawi, dan nilai-nilai kultural dalam pendidikan. Sasaran pokok filsafat pendidikan humanisme adalah membentuk anggota keluarga, masyarakat, dan warga negara baik, yang memiliki jiwa demokratis, bertanggung jawab, memiliki harga diri, kreatif, rasional, objektif, tidak berprasangka, mawas diri terhadap perubahan dan pembaharuan serta mampu memanfaatkan waktu senggang secara efektif. Dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), implementasi filsafat pendidikan humanisme dapat dilihat dari cara guru memberikan kebebasan kepada siswa dalam berpikir dan bertindak mengenai materi pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan. Dalam metode belajar yang humanis, guru harus mengoptimalkan seluruh potensi siswa agar dapat berpikir kritis dan mengembangkan kemampuannya dalam keterampilan dan sikap.

Kata Kunci: Filsafat Pendidikan Humanisme, Pembelajaran Bahasa Inggris, Peserta Didik


Downloads

Published

2017-05-18