Gambaran Peranan Guru Profesional dalam Menghantar Generasi Berbudaya Lingkungan di Smp Negeri 54 Palembang Menujuh Indonesia Emas 2045
Abstract
Abstrak
Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan pengumpulan data
secara abservasi dan dokumentasi. Hasil pembahasan gambaran peran guru
professional adalah menjalankan tugasnya secara baik dan mengintergrasikan
nilai-nilai positif kepada siswanya. Generasi berbudaya lingkungan melalu
pendidikan yang mengembangan fisik, daya jiwa (akal, rasa dan kehendak),
social, moralitas manusia serta menjaga diri, memelihara nilai-nilai positif. Dan
mempunyai keterampilan dari generasi ke generasi serta melakukan
penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup dengan mengembangkan sikap,
perilaku, kemampuan sosial dan individu yang mencintai lingkungan dan
pembangunan berkelanjutan. Sesuai denggan tujuan Indonesia emas menginjak
usia 100 tahun pada 2045, usia keemasan nan gemilang. Simpulan dari
penelitianan ini peranannya guru professional wajib memiliki kualifikasi akademik,
kompetensi, sertifikasi pendidik dan mampu mewujudkan tujuan pendidikan
nasional menciptanya sikap peduli dan berbudaya lingkungan bagi generasi
penerus sebagai pendukung, perlindungan, pengelolaan lingkungan hidup
menuju pembangunan berkelanjutan sebagaimana tujuan Indonesia emas
2045.
Kata Kunci: Guru profesional, generasi berbudaya lingkungan, Indonesia emas