Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Setia

Authors

  • Depi Pramika

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian yang berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Akuntansi di SMK Setia Darma Palembang adalah untuk mengetahui hasil
belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
akuntansi materi menyusun laporan keuangan di SMK Setia Darma
Palembang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
Eksperimen bentuk Pre-Experimental Design jenis Intact-Group Comparison.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa â€ada pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran akuntansi di SMK Setia Darma Palembangâ€. Hal ini terlihat dari nilai
rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 26,24 atau 46,66% dibandingkan dengan kelas kontrol dimana rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,48 1 X  dan nilai rata-rata kelas kontrol 56,24 2 X  .Dari hipotesis penelitian yang dihitung dengan uji U Mann Whitney dengan sampel besar maka diperoleh harga Zhitung = 5,59 > Ztabel ï¡ 0,05/2 =1,96, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain bahwa pembelajaran Akuntansi dengan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, Artikulasi, Hasil Belajar Akuntansi

Downloads

Published

2017-06-02