ANALISIS PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK DIPADUKAN DENGAN STRATEGI COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)
Abstract
Abstrak: Telah dilakukan penelitian eksperimen semu mengenai penerapan model pembelajaran novick yang dipadukan dengan strategi cooperative problem solving (CPS) untuk menguji keefektivitasannya dalam meningkatkanpemahaman konsep siswa pada topik arus listrik searah. Masalah yang ditemukan di lapangan adalah siswa masih sering menghafal rumus dan sering kali hanya menyelesaikan soal-soal hitungan saja. Dengan kata lain, pemahaman konsep fisika siswa masih lemah. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XII di salah satu SMA di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur,
Sumatera Selatan dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Kelompok eksperimen diterapkan pembelajaran dengan model novick dipadukan dengan strategi CPS sedangkan kelompok kontrol diterapkan pembelajaran dengan model novick yang dipadukan dengan strategi individual
problem solving (IPS). Dari perbandingan rata-rata gain yang dinormalisasi <ngain> dari tes pemahaman konsep, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran novick yang dipadukan dengan strategi CPS lebih signifikan dengan tingkat keyakinan 95% dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMA pada topik arus listrik searah dibandingkan jika dipadukan dengan strategi IPS.
Kata kunci : model pembelajaran novick, strategi cooperative problem solving (CPS), pemahaman konsep
Downloads
Published
2017-08-04
Issue
Section
Articles