DISPOSISI MATEMATIS, SELF ESTEEM, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP PGRI 1 PALEMBANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis dan self esteem terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Penelitian menggunakan metode korelasional, data dijaring melalui kuesioner, sampel penelitian adalah 113 siswa SMP PGRI 1 Palembang tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi matematis tidak berpengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar matematika. Sementara self esteem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Selanjutnya secara bersama-sama disposisi matematis dan self esteem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar matematika.
Â
Kata-kata kunci: disposisi matematis, self esteem, kemandirian belajar matematikaDownloads
Published
2015-01-31
Issue
Section
Articles