MENEMUKAN NILAI PHI DAN RUMUS KELILING LINGKARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DI KELAS VI

Novita Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian desain (design research) yang bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar untuk menemukan nilai phi dan rumus keliling lingkaran. Lintasan belajar tersebut didesain menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian desain terdiri dari 3 tahap, yaitu persiapan percobaan (preliminary design), percobaan desain (design experiment), dan analisis retrospektif (retrospective analysis). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI SD Negeri 98 Palembang dan seorang guru

yang mengajar di kelas tersebut (guru model). Hasil penelitian ini adalah pemahaman siswa terhadap materi sudut berkembang dengan baik dari tahap informal menuju tahap formal melalui pembelajaran yang didesain menggunakan pendekatan PMRI dan menghasilkan lintasan belajar siswa. Lintasan belajar terdiri dari menunjukkan bagian dari gelas yang berbentuk lingkaran dan kelilingnya, mengukur keliling lingkaran atas dan lingkaran bawah pada gelas dengan tali, mengisi tabel untuk menentukan perbandingan nilai K:d, dan (4) menarik kesimpulan bahwa dan K= atau = .
Kata-kata kunci: penelitian desain, design research, nilai phi, keliling lingkaran, dan PMRI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.