Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik Melalui Pembelajaran Berbasis MatLab
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan komunikasi matematis (KKM)
mahasiswa pada mata kuliah Metode Numerik melalui
pembelajaran berbasis MatLab (PBM). Permasalahan pada
penelitian ini didasari oleh kurang optimalnya pembelajaran
pada mata kuliah Metode Numerik karena minimnya
penggunaan komputer, sehingga mahasiswa harus
menyelesaikan persamaan matematika menggunakan kalkulator.
Untuk itu, diperlukan bantuan software komputer dalam
penyelesaiannya. Dalam menggunakan software komputer
diperlukan kemampuan menerjemahkan bahasa matematika ke
bahasa komputer secara jelas dan tepat. Selain itu, kemampuan
dalam mengomunikasikan hasil perhitungan yang telah didapat
juga penting agar dimengerti oleh pembaca. Kemampuan ini
disebut kemampuan komunikasi matematis (KKM). Penelitian
ini menggunakan metode penelitian quasi-experimental dengan
desain nonequivalent pre-test and post-test control-group. Subjek
penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan
matematika Universitas PGRI Palembang sebanyak 54 orang
yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Data dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu data
kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui
analisis terhadap skor KAM dan KKM mahasiswa saat pretes
dan postes. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara
kesulitan mahasiswa untuk mendukung kelengkapan data
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan
kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang mendapat
PBM lebih baik daripada mahasiswa yang mendapat
pembelajaran konvensional.
Keywords—kemampuan komunikasi matematis; metode
numerik; MatLab