PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)
Abstract
Abstrak
Persamaan garis lurus (PGL) merupakan salah satu materi
matematika yang sering diajarkan langsung pada pengenalan
simbol/notasi dan grafik tanpa mengaitkan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari. Padahal kurikulum yang berlaku sekarang
menuntut suatu pembelajaran yang dimulai dari pengamatan
permasalahan konkret, kemudian ke semi konkret, dan akhirnya
abstraksi permasalahan. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar PGL
yang membantu terwujudnya pembelajaran tersebut dan pendekatan
PMRI merupakan pendekatan yang dipilih sebagai basis
pengembangannya karena adanya kesesuaian prinsip dan
karakteristik dengan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi PGL yang mengacu
pada tiga prinsip dan lima karakteristik PMRI yang valid dan praktis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah development
research yang mana pengembangannya melalui tahap formative
study (self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan
field test). Pengumpulan data dilakukan melalui walk through,
dokumentasi, dan tes. Uji coba penelitian ini dilakukan di kelas VII.1
SMP Negeri 7 Palembang yang melibatkan 34 siswa. Hasil penelitian
ini adalah melalui validasi oleh expert dan uji coba one-to-one,
diperoleh hasil bahan ajar materi PGL berbasis PMRI yang valid dan
melalui uji coba small group diperoleh bahan ajar materi PGL berbasis
PMRI yang praktis, dan memiliki efek potensial.