Deskripsi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ditinjau dari Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan bagaimana hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan lembar aktiivitas siswa (LAS) berbasis pendekatan matematika realistik indonesia (PMRI) pada siswa Sekolah Dasar (SD) ditinjau dari gender. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD 117 Palembang yang berjumlah 22 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Setelah menggunakan pendekatan PMRI hasil belajar matematika siswa
perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki yaitu nilai rata-rata siswa perempuan sebesar 71,59 sedangkan nilai rata-rata siswa laki-laki sebesar
58,75. Berdasarkan rata-rata angket tentang pemahaman konsep perkalian
ternyata terdapat 86% siswa perempuan lebiih memahami dibanding dengan nilai-rata-rata siswa laki-laki yang mendapat 68%.
Kata kunci: PMRI, Hasil Belajar, Gender