Bimbingan dan Konseling Komunitas Sebagai Model Layanan Pada Kegiatan Bimbingan dan Konseling Luar Sekolah (Penelitian Tindakan Partisipatoris Terhadap Mahasiswa Program Studi BK FKIP PGRI Palembang Peserta BKLS Kelurahan 30 Ilir Palembang).

Authors

  • Ahmad Rofi Suryahadikusumah

Abstract

Abstrak
Penelitian dilatar belakangi oleh kekuatan bimbingan dan konseling komunitas sebagai model layanan yang tepat bagi kegiatan Bimbingan Dan Konseling Luar Sekolah (BKLS), dan mampu membantu dalam memelihara kesehatan mental masyarakat. Tujuan dari penelitian ialah menghasilkan model bimbingan dan konseling komunitas yang tepat, sehingga dapat mengurangi kebingungan mahasiswa dalam melaksanakan BKLS terutama di wilayah kelurahan 30 Ilir. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan partisipatoris , yang dilakukan di Kelurahan 30 Ilir Palembang, dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa peserta BKLS di kelurahaan tersebut. Penelitian menghasilkan program bimbingan dan konseling komunitas yang tepat berdasarkan refleksi terhadap setiap siklus tindakaan. Rekomendasi ditujukan kepada 1) Mahasiswa
kegiatan BKLS agar meningkatkan kreatifitas dan kepekaan terhadap fenomena yang berkembang di masyarakat, serta memiliki keterampilan memahami karakterstik keterampilan psikologis yang dibutuhkan masyarakat, memahami pola interkasi, dan mampu melibatkan berbagai pihak dalam proses bimbingan konseling komunitas, 2) Program Studi Bimbingan dan Konseling untuk mensosialisasikan dan mengenalkan pola bimbingan dan konseling komunitas sebagai model layanan yang digunakan dalam kegiatan BKLS, yang dapat diberikan pada pembekalan maupun terintergrasi pada mata kuliah patalogi sosial dan bimbingan dan konseling terapan.
Kata kunci: Bimbingan konseling komunitas, Bimbingan Konseling Luar Sekolah.

Downloads

Published

2017-09-26