STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS
Abstract
Pembelajaran IPS merupakan wahana pencapaian tujuan pendidikan nasional yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak, dan bertanggungjawab. Metode penulisan dilakukan dengan telaah pustaka (studi literatur).Strategi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS meliputi tahap perencanaan dikembangkan perangkat karakter yang meliputi proses penyusunan Silabus, RPP, ( penambahan, atau modifikasi pengembangan nilai
karakter) penyiapan bahan ajar (menambahkan kegiatan pembelajaran yang berwawasan pendidikan karakter) , dan media pembelajaran (misalnya guru mengembangkan barang-barang bekas, peserta didik akan mengembangkan kreativitas dan cinta terhadap lingkungan). Pada pelaksanaan pembelajaran Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran aktive menyenangkan bermuatan karakter diantaranya melalui metode membangun tim dalam active learning. Metode ini untuk menanamkan nilai-nilai karakter seperti kerjasama, kepedulian, sosial, cinta damai, komunikatif, demokrasi, dan toleransi. Pada tahap evaluasi hasil dilakukan pengukuran (assesment) yang sengaja dirancang dan dilakukan perbaikan berkelanjutan untuk mendikteksi aktualisasi
karakter dalam diri peserta didik. Teknik dan instrumen penilaian dipilih dan dilaksanaakan tidak hanya mengukur pencapaian akademik/kognitif saja, tetapi juga mengukur perkembangan kepribadian peserta didik. Teknik-teknik penilaian tersebut dapat dilakukan dengan tes tertulis, tes lisan, tes kinerja, penugasan individu/kelompok, observasi, penilaian portofolio, lembar pengamatan, penilaian diri (dengan lembar penilaian/kuesioner), dan penilaian antar teman.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS