Pengaruh Model Pembelajaran Komunikasi Diadik Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Di SMA YWKA Palembang

Authors

  • Boby Agus Yusmiono

Abstract

Abstrak
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Komunikasi Diadik Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa di SMA YWKA Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas ( X ) = Model pembelajaran komunikasi diadik dan variabel terikat ( Y ) = Hasil belajar sosiologi siswa. Analisis data yang dilakukan dengan teknik analisa data menggunakan analisis uji-t dengan taraf signifikan 5%
(0,05) dan regresi linier sederhana dengan taraf kepercayaan 95% dan taraf kepercayaan 99%. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Komunikasi Diadik Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Di SMA YWKA Palembang. Hal ini terlihat dari nilai  X 0,5 dan  Y 76,56. Dari hasil perhitungan didapat 85 , 10  hitung t dan 66 , 1  tabel t , karena tabel hitung t t  yaitu 66 , 1 85 , 10  maka
0 H ditolak dan a H diterima, dengan kata lain bahwa pembelajaran Sosiologi dengan Model Pembelajaran Komunikasi Diadik dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa. Dari hasil ini disarankan kepada guru mata pelajaran sosiologi agar dalam menyampaikan materi pembelajaran guru harus menyesuaikan antara keadaan kelas dengan karakteristik siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Komunikasi Diadik, Hasil Belajar sosiologi

Downloads

Published

2017-10-02