PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN KALKULUS INTEGRAL BERBASIS MAPLE

Authors

  • Yunika Lestaria Ningsih
  • Retni Paradesa

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa melalui pembelajaran Kalkulus Integral berbasis Maple. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan nonequivalent pre-test and post-test control-group design. Sampel dalam penelitian ini mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada salah satu PTS di kota Palembang, yang terdiri dari 61 orang. Berdasarkan pembelajaran, sampel dibedakan dalam dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran Kalkulus Integral berbasis Maple, sedangkan kelas pembanding diberikan pembelajaran konvensional. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes pengetahuan awal matematika dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Data dianalisis secara
deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa yang mendapat pembelajaran Kalkulus Integral berbasis
Maple lebih baikdaripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Keywords—kemampuan pemahaman konsep matematis; kalkulus integral; maple

Downloads

Published

2017-10-03