SUNGAI KOMERING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU (SOSIOLOGI) KELAS VIII SEKOLAH MTs NU SUMBER AGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) mengetahui pemanfaatan sungai Komering sebagai media pembelajaran IPS (Sosiologi) Pada materi lingkungan hidup di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama MTs-NU Sumber Agung (2) Mengetahui pemahaman siswa kelas VIII terhadap materi lingkungan hidup setelah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (Sosiologi) menggunakan media sungai Komering. Penelitian ini mengambil dua lokasi di sungai Komering kecamatan Buay Madang dan Sekolah MTs-NU Sumber Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, dokumen dan tempat. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kajian dokumen, dan observasi langsung. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini di analisis dengan menggunakan model interakatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan sungai Komering sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (Sosiologi) pada kelas VIII Sekolah Menengah Pertama MTs-NU Sumber Agung tahun pelajaran 2015/2016