PENERAPAN METODE BERMAIN KREATIF PADA PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DALAM UPAYA PEMBENTUKAN NILAI-NILAI DISIPLIN DAN PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS V A SD NEGERI 20 PAGARALAM
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain kreatif dengan menggunakan ban bekas, kotak kardus, dan karet/tali dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran para pendidik tentang penggunaan pendekatan yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V A SD Negeri 20 Pagar Alam yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu yang tuntas belajar mencapai 20 siswa atau 71,43 % dengan nilai rata-rata 70,53. Pada siklus dua mencapai 25 siswa atau 89,29 % dengan nilai rata-rata 77,39. Selain itu, dengan
metode bermain kreatif dapat meningkatkan nilai-nilai disiplin dan percaya diri siswa pada pembelajaran lompat jauh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain kreatif dengan menggunakan ban bekas, kotak kardus, dan karet/tali efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V A SD Negeri 20 Pagar Alam. Kepada rekan-rekan seprofesi untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini secara berkesinambungan dan kepada guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan agar dapat menerapkan metode permainan lompat tali ini sebagai alternative dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.
Kata Kunci : Hasil Belajar Lompat Jauh, Metode Bermain Kreatif, nilai nilai dan percaya diri.