Alternatif Analisis Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Tabel KPM (Keefektifan Penerapan Model)

Authors

  • L U S I A N A L U S I A N A

Abstract

Abstrak

Profesional tenaga pendidik dalam merebut Peluang dan menghadapi tantangan Dunia Pendidikan dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) perlu dipacu Untuk menghadapi hal tersebut Kegiatan yang mendukung ke Profesionalannya tenaga pendidik menjadi hal yang harus ditingkatkan dalam kesertaannya, misalnya melalui pendidikan dan pengajaran, penelitian dan Pengabdiannya pada masyarakat . Melalui Makalah ini dinyajikan satu alternatif untuk menganalisis Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Matematika yang dilakukan oleh guru-dosen ataupun peneliti. Di kegiatan penerapan suatu Model
Pembelajaran Matematika seringkali dilakukan terutama dalam rangkaian suatu penelitian. Yang tujuan nya bermacam-macam. Ada yang bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran, baik berupa kognitif, keterampilan maupun sikap ada juga untuk mengukur keefektifan penerapan model pembelajaran itu sendiri. Adapun Alternatif yang dimaksud berupa penggunaan Tabel KPM, yang mana table ini diperoleh melalui beberapa kajian teori serta merupakan temuan dalam proses analisis hasil penelitian. Adapun tujuan disajikannya makalah ini untuk memberi masukkan kepada peserta seminar, calon peneliti ataupun pembaca , bahwa ada cara lain untuk menganalisis keefektifan penerapan suatu model pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Matematika, Keefektipan Penerapan Analisis keefektifan, dengan Tabel KPM.

Downloads

Published

2017-10-31