MENGASAH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK USIA DINI
Abstract
Abstrak
Rendahnya mutu pendidikan masih disandang bangsa Indonesia. Hal ini dapat diminimalkan dengan mengoptimalkan pendidikan pada naka sejak dini, terutama pendidikan matematika. Mengingat image masyarakat terhadap matematika yang menganggap pelajaran menakutkan. Padahal, matematika dapat memberikan kepada anak sejak usia 0+ tahun. Sambil bermain, karena waktu bermain anak akan mendapat kesempatan bereksporasi, bereskperimen, dan dengan bebas mengeksperesikan dirinya. Dengan bermain, tanpa sengaja anak akan memahami konsep-konsep matematika tertentu dan melihat adanya hubungan antara satu benda dan yang lainnya. Anak juga sering menggunakan benda sebagai symbol yang akan membuatnya dalam memahami konsep-konsep matematis yang lebih abstrak. Kettika bermain, anak lebih terstimulasi untuk kreatif dan gigih dalam mencari solusi jika dihadapkan atau menemukan masalah. Sehinggga pendidikan matematika dapat diberikan kepada anak usia dini dimulai dari pendidikan keluarga, yang dilakukan oleh orang tua sebagai guru terdekat sang anak.
Kata kunci: Kecerdasan Logis, Matematis, Anak Usia Dini