PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE PADA MATA KULIAH ALJABAR 2 DI FKIP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Karlina Karlina

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan resmpon mahasiswa pada mata kuliah aljabar 2 melalui model pembelajaran kooperatif think pair share untuk mahasiswa semester 2 program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa dan angket untuk melihat respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan model kooperatif think pair share. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data angket menunjukkan respon mahasiswa yang positif, yaitu sebanyak 32 mahasiswa (94,12%) menyatakan pada soal-soal yang terdapat pada bahan ajar dapat membimbing mereka memahami materi dan 34 mahasiswa (90%) menyatakan angket/termotivasi terhadapa cara dosen mengajar dalam memahami materi. Hasil angket juga menyatakan bahwa semua mahasiswa setuju jika pembelajaran materi lain juga menggunakan cara seperti ini (pembelajaran kooperatif berbasis think-Pair-Share). Sedangkan analisis data terdapat tes hasil belajar diperoleh rata-rata nilai akhir mahasiswa 79.03. nilai ini termasuk dalam kategori baik.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif think-pair-share, Aljabar II, Program Linier.

Published

2015-02-14

Issue

Section

Articles