PENERAPAN TEORI GESTALT DAN KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI SISWA KELAS V SD N 162 PALEMBANG
Abstract
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajran puisi yang diberikan guru cenderung menoton, kaku, membosankan, serta selalu mengajarkan teori sastra dibandingkan mengapresiasi. Tujuan penelitian: untuk meningkatkan kemampuan apresiasi puisi khususnya pemahaman dan membaca puisi siswa kelas V SD N 162 Pelambang. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian tiga kelas SD N 162 Palembang, yaitu kelas Va dengan teori gestalt, kelas Vb dengan penerapan teori konstruktivisme dan kelas Vc gabungan teori gestalt dan konstruktivisme. Jumlah siswa 78 orang. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes dan angket. Teknik analisis data berdasarkan unjuk kerja siswa dalam praktek membaca puisi, menentukan jeda atau tanda baca puisi dalam tes membaca tertulis dalam bentuk uraian dan pemahaman puisis dalam bentuk tes objektif. Unsur-unsur yang dianalisis dalam pembacaan puisi adalah penampilan, apresiasi, gaya pengucapan, kelancaran dan ketepatan pembacaan puisi, sedangkan unsur-unsur yang dianalisis dalam pemahaman puisi yaitu kemampuan siswa menganalisis unsur intrinstik puisi seperti tema, amanat, suasana, rima, maupun bentuk puisi. Hasil analisis menjelaskan bahwa adanya peningkatan kemampuan apresiasi puisi siswa yaitu baik dalam praktek membaca puisi, tes tertulis membaca puisi maupun tes pemahaman puisi (objektif) dengan penerapan teori gestalt. Keberhasilan tindakan diukur dengan hasil belajar siswa yang dilihat hasil tes setiap siklusnya. Ketuntasan belajar siklus I praktek pembacaan puisi kelas Va 0%, Vb 7,7 %, dan Vc 0%; tes tertulis membaca puisi Va 30 %, Vb 0%, dan Vc5,5%; dan tes pemahaman puisi kelas Va 30%,Vb 3.8%, dan Vc 0%. Ketuntasan belajar pada siklus II praktek pembacaan puisi kelas Va 28%, Vb 28%, dan Vc 0%; tes tertulis membaca puisi kelas Va 80%, Vb 0%, Vc 25%; dan tes pemahaman puisi kelas Va 76%, Vb 0%, Vc 12,5%.
Kata kunci: Gestalt, Konstruktivisme, PTK dan Apresiasi Puisi.