PEMANFAATAN SOFTWARE APLIKASI ACTIVEINSPIRE UNTUK MELUKIS OBJEK GAMBAR MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Â
Â
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, menuntut dunia pendidikan untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan. Tuntutan ini menjadikan dunia pendidikan memerlukan inovasi dan kreativitas dari guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Hal ini selaras pula dengan gerakan revolusi mental yang dicanangkan oleh pemerintah, dimana nilai-nilai dari gerakan ini diantaranya adalah inovatif, kreatif dan produktif.  Salah satu bentuk inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajaran adalah dengan mengembangkan sistem pembelajaran yang berbasis IT (Information Technology). Dalam pembelajaran matematika, pemanfaatan IT khususnya software aplikasi komputer dapat mengembangkan kemampuan matematika dari peserta didik, baik pada berpikir tingkat rendah maupun pada berpikir tingkat tinggi. Salah satu software aplikasi komputer matematika yang banyak digunakan adalah dalam bidang geometri untuk melukis objek matematika. Namun demikian dari sekian banyak aplikasi komputer semacam ini, kebanyakan fitur software tidak dilengkapi dengan alat  untuk menggambar seperti mistar, busur, jangka dan lainnya. Kajian ini memperkenalkan software aplikasi komputer yang dapat melukis gambar bangun datar atau ruang, dimana dalam pembuatan gambar menggunakan alat  menggambar maya yaitu software aplikasi ActivInspire, sehingga konsep matematika bagaimana melukis objek-objek bangun datar atau ruang dan hubungannya satu sama lain tertanam kepada pengguna software atau peserta didik.
Kata Kunci : software, pembelajaran matematika, ActiveInspire.Â