PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TOKOH IDOLA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 WAY BUNGUR

Authors

  • Suyud Widodo

Abstract

Abstrak

Menulis puisi merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa untuk mengungkapkan pengalaman hidup, persoalan-persoalan hidup yang dikemas dengan menggunakan keindahan bahasa atau symbol-simbol, namun siswa kesulitan dalam mengungkapkan gagasan atau ide dan perasaannya tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menulis puisi antara yang menggunakanmedia gambar tokoh idola dan mendia audio, (2) perbedaan kemampuan menulis puisi siswa yang bermotivasi belajar menggunakan media gambar tokoh idola dan menggunakan media audio, (3) perbedaan kemampuan menulis pusis pada siswa yang motivasi belajar rendah menggunakan media gambar tokoh idola dan menggunakan media audio. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Way Bungur Kabupaten Lampung Timur yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah 31 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas VII B sebagai kelas control, dengan jumlah populasi 62. Berdasarkan hasil analisis dan temuan dapat disimpulkan: (1) ada perbedaan kemamuan menulis puisi antara yang menggunakan mendia gambar tokoh idola dengan menggunakan media audio, (2) ada perbedaan kemampuan menulis puisi siswa bermotivasi tinggi antara yang menggunakan mendia gambar tokoh idola dan menggunakan media audio, (3) ada perbedaan kemampuan menulis puisi siswa bermotivasi belajara rendah antara yang menggunakan media gambar tokoh idola dan menggunakan media audio.

Kata kunci: media gambar tokoh idola, motivasi belajar, menulis puisi.

Published

2015-02-14

Issue

Section

Articles