PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA

Authors

  • Linda Lia
  • M. Jhoni

Abstract

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tanjung Raja yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan STM terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA dimana kelas XI.IA.1 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI.IA.2 yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan nonrandomized control group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pengujian hipotesis adalah uji-t. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh thitung = 3,60 ttabel = 2,00 dengan dk = 68 dan taraf kepercayaan 95% (α = 0,05). Dengan demikian hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya bahwa pendekatan STM memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Disarankan bagi guru agar dapat menggunakan pendekatan STM sebagai salah satu alternatif inovasi pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar
siswa.
Kata kunci : Pendekatan STM, Hasil Belajar.

Downloads

Published

2015-03-07

Issue

Section

Articles