HUBUNGAN PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DANMOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUANBERBICARA SISWA KELAS XI SMA ETHIKA PALEMBANG
Abstract
ABSTRAK
SRI WAHYU INDRAWATI. 20096011053. Hubungan antara Penguasaan Kalimat Efektif dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Ethika Palembang.
Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan adanya hubungan antara
Penguasaan Kalimat Efektif dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Berbicara Kelas XI SMA Ethika Palembang. Hipotesis penelitian ini adalah: (1) ada hubungan yang signifikan antara Penguasaan Kalimat Efektif dengan Kemampuan Berbicara , (2) ada hubungan yang signifikan antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Berbicara, (3) ada hubungan yang signifikan antara Penguasaan Kalimat Efektif dan
Motivasi Belajar dengan Kemampuan Berbicara. Penelitian ini menggunakan metode Korelasi dan Regresi. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMA Ethika Palembang. Dengan menggunakan tehnik Random Sampling, didapat sampel sebanyak 32 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dalam bentuk tes objektif dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan kalimat efektif mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan berbicara. Hubungannya sebesar r = 0.750, dan koefisien determinasi sebesar 56,25%. (2) motivasi belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan berbicara. Hubungannya sebesar r = 0,352, dan koefisien determinasi sebesar 12,39%. (3) penguasaan kalimat efektif dan motivasi belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan berbicara. Hubungannya
sebesar r = 0,757 dan t test (sig) = 6,349 dengan koefisien determinasi sebesar 57,30%.
Berdasarkan hasil penelitian ini , disimpulkan bahwa penguasaan kalimat efektif dan motivasi belajar merupakan dua faktor yang turut mempengaruhi kemampuan berbicara, di samping faktor-faktor lainnya. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada semua pihak yang terkait untuk memperhatikan kedua faktor itu agar kemampuan berbicara siswa dapat lebih ditingkatkan.
Kata Kunci: Penguasaan Kalimat Efektif, Motivasi Belajar, Kemampuan Berbicara