PERANCANGAN ALAT PERAGA PENDETEKSIKECEPATANMENGGUNAKAN MIKROKONTROLER MCS-51 UNTUK MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA

Authors

  • Muhammad Jhoni

Abstract

ABSTRAK

 

Pada penelitian ini dilakukan perancangan alat peraga penghitung kecepatan dan waktuberbasis mikrokontroler AT89S52 pada gerak jatuh bebas. Metode yang digunakan adalah Research and development dengan model pengembangan Borg and Gall.

Alat ini dibuat berdasarkan bahasa pemrograman Aplikasi Basic Compiler (BASCOM) 8051, tujuan dari program tersebut adalah untuk memproses data kecepatan dan waktu benda saat melakukan gerak jatuh bebas. Jika kecepatan dan waktu benda tersebut telah terdeteksi oleh sensor  (Fotodioda) maka data-data itu akan diteruskan dan diproses pada mikrokontroler AT89S52 yang pada akhirnya menghasilkan output berupa penampilan kecepatan dan waktu benda yang dibutuhkan saat melakukan gerak jatuh bebas pada LCD.

Setelah pembuatan alat pendeteksi ini selesai dibuat, peneliti melakukan pengujiankarakterisasi persyaratan umum sensor pada alat ini, yaitu pengujian linieritas, sensitivitas, presisi (ketelitian), dan accuracy (ketepatan). Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan didapatkan bahwa alat ini adalah linier yang membentuk persamaan Y = 0,35x + 0,026 dan R2 = 0,9902, Angka 0,35 menyatakan kemiringan dari garis linier yang tidak lain menyatakan sensitifitasnya, dan alat ini memiliki ketidakpastian relatif sensor 0,0043 %,sehingga dapat disimpulkan bahwa ketelitian dari sensor fotodioda pada alat ini adalah tinggi, serta berdasarkan hasil tes ketepatan sensor memiliki rata-rata 96,986%, hal ini mengindikasikan bahwa alat ini juga memiilki ketepatan yang sangat tinggi pula. Alat ini dapat di gunakan sebagai alat peraga dalam proses pembelajaran fisika guna mengkongkritkan konsep gerak jatuh bebas kepada siswa.

 

Kata-kata kunci :        Mikrokontroler, alat peraga pendeteksi kecepatan dan waktu, gerak jatuh  bebas.

Downloads

Published

2015-03-07

Issue

Section

Articles